[2015#2] ‘The Espressologist’ – Kristina Springer

[2015#2] ‘The Espressologist’ – Kristina Springer


Judul : The Espressologist

Penulis : Kristina Springer

No. ISBN : 9786029225266

Jumlah halaman : 302

Penerbit : Mizan -Noura

Tanggal Terbit : Januari 2012

.

.

Temukan cinta dalam secangkir kopi favoritmu.

.

.

Bercerita tentang jalan kehidupan seroang Jane Turner, gadis berumur 17 tahun yang duduk dibangku SMA tahun terakhir.

Merasa tahun terakhirnya disekolah begitu membosankan, akhirnya Jane memutuskan untuk jarang masuk sekolah dan malah memusatkan perhatiannya pada pekerjaan paruh waktu miliknya di sebuah kedai kopi bernama Wired Joe’s sebagai salah satu barista disana.

Cerita dimulai dengan Jane yang memiliki kebiasaan untuk mencatat pesanan para pelanggan yang dia cocokan dengan setiap kepribadian mereka. Sebuah catatan kecil yang lama – lama menjadi seperti ensiklopedia kopi dan kepribadian bagi Jane.

Dari catatan dan kebiasaan menganalisis pelanggan dengan kopi yang dia pesan, membuat Jane bisa menebak jika seorang pelanggan datang, kopi apa yang akan dia pesan. Sampai satu hari, pelanggan setia Jane –Gavin, datang dengan wajah muram. Dia bercerita bahwa dia baru saja putus dengan kekasihnya. Jane berbisik pada hatinya bahwa dia berjanji akan membantu Gavin, tapi dia masih bingung bentuk bantuan apa yang akan dia berikan.

Hari berikutnya datang, ketika perempuan mungil, manis, ceria datang untuk memesan kopi. Perempuan bernama Simone, yang entah kenapa membuat Jane kembali menbaca catatan kecilnya tentang kopi Simone. Ide Briliant muncul, ketika Jane menemukan kecocokan antara karakterisktik kopi Gavin dan Kopi Simone. Berbekal nekat, akhirnya Jane mengenalkan Simone dengan Gavin. Bingo! Sesuai tebakan Jane, mereka berdua memang cocok yang berakhir menjadi sepasang kekasih.

Pasangan pertama yang berhasil Jane jodohkan melalui Kopi. Simone dan Gavin, permulaan dimana Jane akan mempunyai gelar sebagai The Espressologist –si makcomblang kopi.

Tidak berhenti pada pasangan Simone dan Gavin, Jane kembali melancarkan aksinya sebagai The Espressologist secara diam – diam dan kembali sukses menjodohkan dua rekan kerjanya.

Sarah dengan seorang Polisi

Em dengan teman satu kelas Jane –Cam.

Tiga perjodohan ini berujung briliant dan masih jane lakukan secara diam – diam. Sampai satu hari Derek –Manager cabang Wired Joe’s tempat Jane kerja memergoki catatan kecil Jane. Karena tidak fokus pada pekerjaan adalah pelanggaran, tidak mau rekan kerjanya terlibat masalah, kemudian Em mencertiakan pada Derek tentang semua catatan kecil Jane.

Dan terjadilah……

Acara The Espressologist di kafe mereka yang Derek gunakan untuk ajang promosi meningkatkan pendapatan kedai kopi mereka. Acara ini dlakukan setiap hari Jumat, diaman Jane akan duduk manis kemudian mencatat mereka –para pelanggan yang ingin menemukan jodohnya. Acara ini mereka gelar selama 4 minggu dna Jane berhasil.

  • Penjualan cabang Derek meningkat pesat dan kantor pusat memberinya banyak intensif
  • Jane menjodohkan banyak pasangan, lebih dari 40 pasangan.
  • Jane berhasil menjadi selebritis dengan muncul disalah satu segmen wawancara terkenal.

Ya, semua memang indah. Sampai akhirnya Jane menyadari bukan hanya orang lain yang membutuhkan cinta, tapi juga dirinya. Belum lagi Teman Jane –Melisa, yang sering datang dan mengganggunya dengan kata – kata sinis. Lalu ada Will, lelaki tampan yang sering menggoda Jane dan Jane menyukainya. Dan terakhir, Cam –pasangan comblang Em yang ternyata menyimpan perasaan pada Jane.

Apa yang akan terjadi pada Jane.

.

.

Novel yang tebelnya 271 halaman ini beres aku baca selama kurang lebih 5 hari, yang kebeneran bisa dibaca malem doang menjelang tidur. Keitung cepet sih, soalnya emang novel ini ga terlalu tebel, plus ceritanya ga terlalu berat. Bisa dibilang ini novel ala anak SMA tapi bukan teenlit juga.

Setelah sebelumnya tamat baca My Boyfriend Wedding dress dengan tema cinta orang dewasa, novel The Espressologisy lebih ke kisah cinta anak SMA yang enteng, labil dan ga banyak masalah ribet. Satu – satunya masalah di Novel ini adalah : Suka sama seseroang tapi karena cewe, jadi dia malu buat ungkapin rasa cinta. Itu. Jadi simple sih. Cerita pas sekolah, sahabat, sahabat jadi cinta, musuh pas SMA. Ga akan terlalu nguras tenaga buat baca novel ini.

Satu pertanyaan yang janggal buat novel ini.

Kenapa pendeskripsian karakter sama kopi kesukaan terkesan terlalu lebay. Emang bisa gitu ya, sedetail itu Jane deskripsiin karakter mereka. Bahkan sampe ada salah satu kopi yang Jane tulis, anak ketiga. Jadi yang pesen kopi itu pasti selalu anak ketiga? Terlalu lucu.

Untuk alur, aku suka. Tapi aku lebih suka lagi dengan alur yang terjalin begitu saja dalam imajinasi selama baca novel ini. Gimana imajinasi aku?

Dalam novel digambarkan dari awal Cam emang naru rasa sama Jane dan berakhir dengan ending Cam menjadi kekasih Jane dan Em menyadari bahwa perasaannya pada Cam hanyalah pelarian.

Aku beharap Cam, Em dan Jane akan terjalin satu hubungan yang lebih kuat, yaitu persahabatan. Entah kenapa, aku ngerasa kalo sosok Cam itu lebih cocok jadi sahabat Jane. Gimana cara Cam nulis biograpi Jane jelas banget kalo dia perhatian, tapi tidak selamanya perhatian jadi kekasih bukan? Nah, aku lebih setuju Cam, Em dan Jane adalah tiga sahabat.

Lalu siapa kekasih Jane? Apa Will si anak centil? No. ah, kasus Will juga aku berharap penulis memberikan tragedy lain selain nomor telfon palsu. Intinya buat hubungan mereka jelas. Sedangkan untuk pasangan Jane, ah sungguh aku berharap DEREK lah yang menjadi kekasih Jane. Apa kalian menyadari perhatian kecil yang sering Derek berikan.

Maka dari itu, ketika mencapai ENDING. Aku memantapkan hati, suatu saat Jane akan bersama Derek, ketika Derek putus dengan Glinda ^^

Apa lagi ya?

Ah, kurangnya dari novel ini masih banyak typo bertebaran. Keseringan sih kelupaan naruh tanda “”. Berhubung novel ini pake sudut pandang Jane, jadi kalo tanda kutip kelewat kita bingung, apakah itu percakapan atau emang benak Jane yang berbicara.

Tapi secara keseluruhan aku menikmati novel ini. Ya, selingan bacaan enteng dengan romansa anak SMA.

Rated : 7 of 10.

Ini termasuk dalam Challenge 2015 :

1. New Author Reading Challenge

2. Lucky No.15

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s