[2015#5] ‘The Virgin Suicides’ – Jeffrey Eugenides

[2015#5] ‘The Virgin Suicides’ – Jeffrey Eugenides


Title : The Virgin Suicides
Penulis : Jeffrey Eugenides
No. ISBN : 9786022471318
Jumlah Halaman : 296
Penerbit : Dastan

.

.

Ini hanya sebuah misteri yang aku pertanyakan, tentang gadis ini yang satu persatu memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

.

.

Michigan, awal 1970-an. Keluarga Libson adalah keluarga yang sangat religius, keluarga biasa dengan kehidupan yang juga biasa. Sampai ketika satu persatu anak gadis perempuan itu melakukan bunuh diri. Kelima perawan misterius yang cantik itu mengakhiri hidup mereka sendir secara misterius. Gadis – gadis keluarga libson itu adalah Cecilia (13tahun), Lux (14tahun), Bonnie (15tahun), Mary (16tahun) dan Therese (17tahun).

Cecilia si bungsu, menyayat pergelangan tangannya sambil berendam dibak mandi. Kedua tangannya mendekap gambar perawan suci. Percobaan bunuh diri pertama ini gagal. Namun ia berhasil dalam percobaan bunuh diri kedua. Tubuhnya meluncur dari lantai dua rumah mereka. Keberhasilan Cecilia diikuti oleh keempat saudarinya, masing – masing melakukan bunuh diri dengan cara yang berbeda.

Gadis – gadis keluarga Libson begitu terobsesi dengan kematian. Tidak ada seorangpun yang tahu tentang misteri dibalik ini semua. Tidak ada yang tahu yang yang sesungguhnya terjadi ddialam rumah keluarga Libson.

.

.

Dibaca dari Summarynya menarik banget kan buku ini? jangan dulu summarynya tapi cukup dengan judul, cover bahkan taglinenya udah menghipnotis banget. Tanpa fikir panjang waktu itu aku langsung beli buku ini. Pertama covernya keren, kedua tag linenya misterius, ketiga judulnya gore gitu ditambah ringkasannya yang bikin merinding banget.

Tapi….

Duh, aku sedih banget baca buku ini.

Ini kedua kalinya baca novel terjemahan dari Dastan dan jujur aku ga suka sama bahasa mereka. Entah emang novel aslinya emang gini atau efek terjemahan, aku ngerasa ngambang baca novel mereka.

Setelah beli novel ini, sempet baca novel temen kantor juga terbitan dastan judulnya The Devil’s DNA, keren kan judulnya? tapi sekali lagi aku ga menikmati pas bacanya.

Aku kira ga akan kejadian sama novel ini, ternyata sama aja. Aku ga menikmati. Novel ini termasuk pendek, tipis juga dibanding nove Niskala kemaren. Tapi aku seminggu lebih baru tamat. Duh belepotan banget bacanya.

Format The Virgin Suicides ini story telling gitu penulisnya. Awalnya agak bingung, karena namanya juga Story Telling, jadi ga ada patokan pasti dia mau ngambil alur maju atau mundur. Pas masuk halaman belasan baru dapet pola si penulis bercerita, lumanyan menikmati karena halaman awal aja udah langsung ke masalah bunuh diri Cecilia.

Makin sini makin ngesot bacanya.

Bukan karena pusing sama Story Tellingnya, tapi karena cerita sering ngelajur kemana tiba – tiba. Tiba – tiba malah bahas temen sekelasnya, bahas tentang lalat, bahas tentang alat traktor. cape dan ga ngerti.

Ga banyak yang bisa aku ceritain dari novel ini. Keburu cape sama penulisan dan alur ceritanya. Nampaknya ga ada niatan buat baca ulang novel ini dan terbitan dastan, mungkin juga novel ini bakal di swap sama temen yang demen terbitan dastan.

Rate : 5 Of 10.

Ini termasuk dalam Challenge 2015 :

1. New Author Reading Challenge

2. Lucky No.15

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s